INTRAKURIKULER

*KURIKULUM

SD ‘Aisyiyah Saubari Bening Hati mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2024/2025 untuk fase A kelas 1 dan II, fase B kelas III dan IV, dan fase C kelas V dan VI, dengan pengembangan materi keunggulan sekolah yaitu program tahsin dan tahfidz Al-Qur’an, tuntunan adab serta ibadah.

Pendekatan pembelajaran diberikan melalui pendekatan tematik pada fase A, artinya bahwa proses pembelajaran terfokus pada sebuah topik yang menjadi jiwa bagi materi dan pencapaian kompetensi peserta didik. Pada fase B dan C menggunakan pendekatan blok persial yaitu proses pembelajaran terfokus pada satu mapel yang dibahas tuntas sampai selesai dan baru berganti ke mata pelajaran berikutnya. Yang tidak termasuk blok adalah mapel matematika dan bahasa Indonesia. Guru berperan menjadi fasiliator dalam mengembangkan dan meningkatkan potensi peserta didik.

*CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran pada kurikulum SD ‘Aisyiyah Saubari Bening Hati dari nilai agama dan budi pekerti, jati diri, serta matematika, dasar-dasar literasi, teknologi dan rekayasa.

Capaian Pembelajaran Nilai Agama dan budi pekerti dikembangkan dengan Al Islam, ke Aisyiyahan ke Muhammadiyahan, dan Bahasa Arab sebagai karakteristik khas yang mengenalkan peserta didik pada organisasi ‘Aisyiyah sebagai Ortom Persyarikatan Muhammadiyah.

Capaian Pembelajaran jati diri dikembangkan dalam kegiatan-kegiatan yang membangun fondasi kematangan sikap, sosial emosi dan kesehatan jasmani dan rohani. Capaian Pembelajaran matematika, dasar-dasar literasi, teknologi dan rekayasa diwujudkan dalam kegiatan yang memberi pengalaman menyenangkan kepada peserta didik dalam kegiatan menyimak, berbicara, membaca, menulis, berkarya, dan numerasi.